Hello XXX
A.
Tujuan Praktikum
1. mampu melakukan membuat program
aplikasi Android sederhana
2. mampu memahami konsep pemograman
android.
B.
Alat dan Bahan Praktikum
1. Personal Komputer
2. Aplikasi Eclipse
C.
Teori Dasar
Program “Hello XXX” merupakanmodifikasi program “Hello
Word”, yaitu dengan menambahkan masukan nama dari user, lalu setelah user
menekan tombol, akan keluar “Hello, [nama]. Terimakasih”
D.
Langkah Kerja
1. Dari menu utama program Eclipse
pilih menu File àNew à project
2. Pilih folder Android project
kemudian klik tombol Next
3. Buat project name dengan nama
HelloXXXsilvia, klik Finish untuk mengakhiri sekaligus membuat project Android
baru
4. Melalui project explorer kembali
pilih main.xml yang berada di res/layout
5. Pilih tab “Graphical Layout”
6. Kemudian pilih widget Text
Field, pilih yang paling atas (plain
text), lalu drag kedalam form, geser-geser sehingga hasilnya seperti gambar
bawah. Jika posisi menjadi ‘berantakan’ jangan khawatir. Layout Android tidak
mengenal posisi eksak, karena memang tidak cocok untuk Android yang mempunyai
sangat banyak variasi display.
Saat button
di-klik code akan menangkap apa yang diketikkan pengguna dan menuliskannya di
TextView. Untuk itu setiap komponen perlu diberi nama.
8. Kembali ke main.xml. Klik Button
kemudian lihat window properties yang berada di sebelah kanan, ganti Text
dengan “Sapa” dan id dengan “bSapa” (gambarbawah).Saat id diganti maka ada
pesan untuk mengupdate semua kemunculan id, jawab ini dengan “Yes”.Kemudian
muncul window “Rename Resource” dan jawab ini juga dengan OK. Cara ini akan membuat semua kemunculan id ini
di activity_main akan otomatis diganti. Ini akan lebih mudah dibandingkan harus
mengganti secara manual file xml.
9. Lakukan hal yang sama untuk
EditText, ganti id dengan etNama. Kemudian textview, ganti id dengan tvSalam.
10.
Coba lihat
XML-nya, maka semua Id telah diganti (gambar bawah).Ini kelebihan mengganti
nama id menggunakan property.
Tip:
untukmerapikan XML tekanctrl-shift-F.
11.
Selanjutny
perlu ditambahkan code agar saat tombol diklik app akan mengeluarkan respon.
Melalui package explorer, kembalike activity utama (SapaTestActivity.java).
12.
Kemudianbuatsatu
method baruonClick.Pastikannama method
samadengan yang dicantumkan di main.xml.Nama yang tidaksamaakanmenyebakan
error saat program dijalankan.
13.
Tambahkanimpor
class yang dibutuhkan. Salah satucara yang paling mudahadalahdengan shortcut
keyboard ctrl-shift-O (huruf o bukanangkanol). Cara lain denganmengklikgambar x
merah di sebelahkiri, lalupilihimpor (gambarbawah).
Tip: Jika id
tidakdikenalisepertiR.id.etNama, R.id.tvSalamdanseterusnya,
bukakembalimain.xmllalutekan ctrl-S (save)
14.
Jalankan
program (ctrl-F11), perhatikan tab Console di bagianbawahuntukmemonitor proses emulasi.
Isi teksdantekantombol.
Latihan:
Buatlah
program untuk menghitung luas sebuah persegi panjang. Input adalah panjang dan
lebar (dua edit text). Output adalah luasnya (panjang kali lebar).Gunakan
method berikut untuk mengubah tipe
string ke double.
Catatan:
input dari method set Text bertipe teks,
sehingga nilai luas yang bertipe double harus dikonversi terlebih dulu menjadi
teks. Gunakan String.valueOf(dblLuas) untuk mengkoversi double menjadi teks.
1. Dari menu utama program Eclipse pilih
menu File >New >project
2. Pilih folder Android project
kemudian klik tombol Next
3. Buat project name dengan nama
Latihan2Isur, Klik Finish untuk mengakhiri sekaligus membuat project Android
baru
4. Melalui project explorer kembali
pilih main.xml yang berada di res/layout
5. Pilih tab “Graphical Layout”, desain
seperti berikut:
No
|
Tipe View
|
Properties
|
Nilai
|
1
|
Text View
|
id
|
@+id/textPanjang
|
text
|
Panjang
|
||
typeFace
|
Monospace
|
||
textSize
|
24dp
|
||
textStyle
|
Bold
|
||
2
|
Edit
Text(Plain Text)
|
id
|
@+id/editPanjang
|
typeFace
|
Monospace
|
||
textSize
|
24dp
|
||
3
|
Text View
|
id
|
@+id/textLebar
|
text
|
Lebar
|
||
typeFace
|
Monospace
|
||
textSize
|
24dp
|
||
textStyle
|
Bold
|
||
4
|
Edit
Text(Plain Text)
|
id
|
@+id/editLebar
|
typeFace
|
monospace
|
||
textSize
|
24dp
|
||
5
|
Button
|
id
|
btnLuas
|
text
|
Hitung
Luas
|
||
6
|
Text View
|
id
|
@+id/textLuas
|
text
|
Luas
|
||
typeFace
|
monospace
|
||
textSize
|
24dp
|
||
textStyle
|
Bold
|
||
7
|
Edit
Text(Plain Text)
|
id
|
@+id/editLuas
|
typeFace
|
monospace
|
||
textSize
|
24dp
|
6. Coba lihat XML-nya, maka Semua Id telah
diganti .Ini kelebihan mengganti nama id menggunakan property.
7. Selanjutnya perlu ditambahkan code
agar saat tombol diklik app akan mengeluarkan respon. Melalui package explorer,
kembali ke activity utama (Latihan2IsurActivity.java).
8. Jalankan
program (ctrl-F11) atau klik kanan program, pilih run as, run application.
Masukkan nilai panjang dan lebar, lalu klik button hitung luas. Hasilnya
seperti berikut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar